Skip to content

Panduan Nego di Platform 1688: Tips dan Trik

Dalam dunia perdagangan global, platform 1688 telah menjadi sorotan bagi para pengusaha yang ingin membeli produk dalam jumlah besar. Dengan ribuan supplier dan jutaan produk, 1688 menawarkan peluang besar untuk bernegosiasi dan mengamankan kesepakatan yang menguntungkan.

Namun, navigasi di 1688 bukanlah tugas yang mudah, terutama jika Anda tidak fasih berbahasa Mandarin. Jangan khawatir! Dalam panduan ini, kita akan membahas langkah-langkah praktis untuk memaksimalkan pengalaman Anda di platform ini.

  1. Buka Akun 1688: Pertama, Anda perlu membuat akun 1688 terlebih dahulu jika Anda belum punya Akun, Pastikan Anda mengisi informasi dengan benar dan memverifikasi nomor telepon Anda. caranya sebagi berikut: https://1688indonesia.com/cara-membuat-akun-dan-login-di-alibaba-dengan-menggunakan-handphone/tips-alibaba/
  2. Ubah Bahasa: Setelah masuk ke akun 1688, ubah bahasa ke Bahasa Inggris atau bahasa yang Anda kuasai. Ini akan memudahkan navigasi. Anda bisa unduh Google Transalate.
  3. Cari Produk: Gunakan kata kunci atau kategori produk untuk mencari barang yang Anda inginkan. Untuk mencari produk bisa menggunakan tulisan ataupun dengan gambar, sesuaikan saja dengan keinginan Anda. Seperti yang di gambar:
  1. Pilih Supplier: Periksa reputasi dan ulasan supplier. https://1688indonesia.com/memilih-supplier-terpercaya-di-1688-ciri-ciri-dan-tips/tips-1688/. Anda juga dapat melakukan penawaran harga, sebelum mengcekout barang dengan filtur chat yang ada di dalam 1688.
  2. Checkout Pesanan: Setelah memilih produk, masukkan alamat pengiriman, dan checkout pesanan. tapi jangan langsung Anda bayar, Disini kita akan meminta harga diskon atau negoisasi harga, setelah Anda yakin dengan harga yang diberikan oleh supplier Anda bisa langsung ke pembayaran. Untuk cara negoisasi Anda bisa perhatikan gambar di bawah ini:
Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3
Gambar 4 ( langsung chat aja dan klik pojok kanan bawah yang berwarna oren)
Gambar 5
  1. Pengiriman Barang: Tunggu konfirmasi dari supplier mengenai pengiriman

Jika supplier menolak tawaran harga, pertimbangkan langkah-langkah berikut:

  • Komunikasi: Ajukan pertanyaan lebih lanjut kepada supplier. Mungkin ada alasan tertentu mengapa tawaran Anda ditolak. Diskusikan lebih lanjut untuk memahami perspektif mereka.
  • Renegosiasi: Coba tawarkan harga yang lebih masuk akal atau berikan argumen mengapa harga tersebut wajar. Buka pintu untuk renegosiasi.
  • Cari Alternatif: Jika tidak ada kesepakatan, pertimbangkan mencari supplier lain atau produk serupa di platform 1688.
  • Ingat, fleksibilitas dan komunikasi yang baik sangat penting dalam bernegosiasi.

Tips dan Trik untuk Bernegosiasi di Platform 1688

Bernegosiasi dengan supplier di platform 1688 memerlukan strategi dan keterampilan khusus. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda mendapatkan harga terbaik:

  1. Pahami Kekuatan Pembelian Anda: Ketahui seberapa kuat mata uang Anda terhadap yuan Tiongkok. Perhatikan tren nilai tukar. Jika trennya naik, itu menguntungkan Anda.
  2. Gunakan Produk Sebanding sebagai Pengungkit: Bandingkan produk serupa untuk memperkuat posisi negosiasi Anda.
  3. Pahami Faktor Biaya: Ketahui faktor-faktor yang memengaruhi harga, seperti bahan baku, produksi, dan pengiriman.
  4. Gunakan Data dari Kompetitor Supplier: Pelajari harga dari supplier lain untuk mendapatkan pembanding.

Semoga tips ini membantu Anda berhasil bernegosiasi di 1688! Jangan ragu untuk bertanya lagi jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut. Selamat berdagang dan semoga sukses!