Skip to content

Perbandingan Alibaba dan 1688 dalam E-Commerce: Mana yang Lebih Cocok untuk Bisnis Anda?

didukung AI

Pendahuluan

Dalam era globalisasi dan perdagangan digital, platform e-commerce menjadi sarana utama bagi produsen, pemasok, dan pembeli untuk berinteraksi dan berbisnis. Alibaba dan 1688 adalah dua platform e-commerce yang berasal dari Cina dan memiliki peran penting dalam ekosistem perdagangan global. Dalam makalah ini, kita akan membandingkan Alibaba dan 1688 dari berbagai aspek, termasuk lingkup, pemasok, bahasa, dan proses negosiasi. Tujuan utamanya adalah membantu Anda memahami perbedaan antara keduanya dan memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

  1. Lingkup dan Jangkauan
  • Alibaba adalah platform e-commerce global yang memungkinkan produsen dan pemasok dari seluruh dunia berinteraksi dan berbisnis. Dengan basis pelanggan yang luas, Alibaba memfasilitasi perdagangan lintas negara dan memungkinkan pengguna untuk menemukan produk dari berbagai kategori dan pasar. Jangkauan: Dari pakaian hingga elektronik, Alibaba menawarkan berbagai produk dan layanan. Pengguna dapat menjelajahi ribuan kategori dan menemukan pemasok yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • 1688 adalah platform e-commerce yang fokus pada pasar domestik Cina. Terutama digunakan oleh pemasok lokal di Cina, 1688 menawarkan harga rendah karena bekerja dengan produsen lokal. Jangkauan: Meskipun terbatas pada perdagangan dalam negeri, 1688 memiliki keunggulan dalam harga lokal dan ketersediaan produk-produk yang relevan dengan pasar Cina.
  1. Pemasok dan Bahasa
  • Alibaba memiliki jaringan pemasok internasional yang luas. Anda dapat menemukan produsen dan pemasok dari berbagai negara, termasuk Cina. Pemasok di Alibaba biasanya memiliki pengalaman dalam perdagangan lintas negara dan memahami standar kualitas global. Bahasa: Alibaba menyediakan dukungan bahasa Inggris yang baik. Pengguna dapat berinteraksi dengan pemasok dan pelanggan dari berbagai negara dengan mudah.
  • 1688 lebih berfokus pada pemasok lokal di Cina. Banyak pemasok di platform ini adalah produsen lokal yang menawarkan produk dengan harga lebih rendah. Namun, sebagian besar dari mereka tidak mengerti bahasa Inggris, sehingga berkomunikasi dengan mereka bisa menjadi tantangan. Bahasa: Bahasa yang digunakan di platform ini adalah bahasa Cina. Jika Anda tidak fasih dalam bahasa Cina, Anda mungkin perlu menyewa agen sumber lokal untuk membantu dalam komunikasi dengan pemasok di 1688.
  1. Proses Negosiasi
  • Alibaba, Lingkup global memungkinkan negosiasi lintas negara. Pemasok internasional berpengalaman dalam perdagangan global. Dukungan bahasa Inggris memudahkan komunikasi dengan pemasok.
  • 1688, Fokus domestik membatasi negosiasi pada pasar Cina. Harga rendah karena bekerja dengan pemasok lokal. Komunikasi dengan pemasok memerlukan agen sumber lokal.
  1. Kualitas Produk
  1. Jumlah Pilihan Produk:
  • 1688: Memang terkenal karena memiliki jumlah pilihan produk yang lebih besar. Situs ini menawarkan berbagai macam barang dari berbagai pemasok di Cina.
  • Alibaba: Meskipun memiliki pilihan produk yang luas, mungkin tidak sebanyak 1688. Namun, Alibaba lebih berfokus pada kualitas dan keberagaman produk.
  1. Uji Tuntas Kualitas Produk
  • 1688: Karena banyaknya pilihan produk, uji tuntas adalah suatu KEHARUSAN saat menggunakan platform ini. Beberapa pemasok mungkin tidak memproduksi produk asli, dan kualitas bisa bervariasi.
  • Alibaba: Meskipun Alibaba juga memiliki berbagai pemasok, platform ini lebih memperhatikan kualitas produk. Banyak pemasok di Alibaba telah melewati proses verifikasi dan memiliki reputasi yang baik.
  1. KNOCKOFFS (Produk Tiruan):
  • 1688: Sayangnya, di perdagangan dalam negeri, KNOCKOFFS masih laris manis. Beberapa pemasok di 1688 mungkin menawarkan produk tiruan dengan harga lebih murah.
  • Alibaba: Alibaba lebih ketat dalam mengawasi produk-produk yang ditawarkan. Meskipun tidak sepenuhnya terbebas dari produk tiruan, risiko mendapatkan KNOCKOFFS lebih rendah di Alibaba.
  1. Jumlah pesanan (MOQ)
  • 1688: Penjual pada tahun 1688 sering kali memiliki persyaratan MOQ yang lebih rendah. Pembeli lokal cenderung membeli dalam jumlah yang lebih sedikit. Karena 1688 berfokus pada pasar domestik Cina, produsen hanya perlu mengirimkan barang ke dalam negeri. Ini memudahkan mereka untuk memperlengkapi pesanan dengan MOQ yang lebih rendah.
  • Alibaba: MOQ di Alibaba biasanya lebih tinggi. Dibutuhkan lebih banyak usaha dari pihak penjual untuk mengirimkan barang secara internasional. Proses pengiriman yang kompleks dan biaya logistik yang lebih tinggi membuatnya kurang efisien untuk menangani pesanan dengan MOQ rendah.
  1. Pembayaran
  • 1688: Alipay adalah opsi pembayaran GO-TO di 1688. Selain itu, akun ini juga melayani pembayaran kartu kredit Tiongkok dan transfer kawat. Sayangnya, sebagian besar opsi pembayaran ini tidak populer di kalangan pembeli internasional. Hal ini dapat membingungkan bagi orang asing yang ingin membeli dari platform ini.
  • Alibaba: Setidaknya ada lusinan metode pembayaran yang tersedia di Alibaba. Ini menjadikannya sangat mudah dan efisien bagi pembeli untuk bertransaksi di platform ini, di mana pun mereka berada. Anda dapat memilih metode pembayaran seperti PayPal klasik, transfer online, atau kartu kredit. Selain itu, gateway pembayaran seperti e-checking dan Alibaba Pay Letter juga tersedia.

Kesimpulan

Alibaba lebih cocok untuk berbisnis dengan pemasok internasional, sementara 1688 menawarkan harga lokal terendah di Cina. Ingat, pilih platform yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan anggaran yang anda miliki. Semoga membantu!